Syarat, Tatacara Masuk Islam dan Pencatatannya


Senang sekali aku bisa berbagi ilmu lagi sama temen-temen semua, pada kesempatan ynga singkat ini aku mau berbagi tentang Syarat, Tatacara Masuk Islam dan Pencatatannya, mungkin temen-temen punya saudara yang belum masuk Islam, bisa diajak untuk masuk Islam, mungkin masih bingung gimana sih cara yang benar untuk masuk Islam, tanpa basa-basi nih aku share sama temen semua, selamat membaca dan belajar, 
Semoga bermanfaat bagi kita semua....

Syarat, Tatacara Masuk Islam dan Pencatatannya

Syarat Masuk Islam.

Kita sering mendengar atau menyaksikan orang yang baru masuk Islam, yang sering disebut denganMu'allaf. Pengertian mu'allaf sendiri sebenarnya bermaknaorang yang dijinakkan hatinya, bukan orang yang baru masuk Islam atau orang masuk Islam yang sebelumnya beragama lain, karena bisa jadi sebutan muallaf itu akan terus disandangnya kendati aqidahnya sudah kuat. Syarat utama bagi orang yang baru masuk Islam itu mudah, yakni mengucapkan dua kalimat Syahadat. yang lafadznya berbunyai:
 
أشهد أن لا إله إلا ألله - و أشهد أن محمد الرسول الله  

"Asy-hadu allaa ilaaha ilallaah, wa asy-hadu anna Muhammadar Rasuulullah" artinya: Aku beraksi bahwa tiada sesembahan yang wajib diibadahi selain Allah - dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adaah utusan Allah. Barangsiapa yang mengucapkan dan mengikrarkan dengan lisannya, maka dia menjadi orang Islam. Dan berlaku baginya hukum-hukum Islam, walaupun dalam hatinya dia mengingkari. Karena kita diperintahkan untuk memberlakukan secara lahirnya. Adapun batinnya, kita serahkan kepada Allah.

Dalil Pengucapan Lahiriah Dianggap Sah
Dalil dari hal itu adalah:
ketika Nabi saw. menerima orang-orang yang hendak masuk Islam, beliau hanya mewajibkan mereka mengucapkan dua kalimat Syahadat. Nabi saw. tidak menunggu hingga datangnya waktu shalat atau bulan puasa (Ramadhan). 

Di saat Usamah, sahabat Rasulullah, membunuh orang yang sedang mengucapkan, "Laa ilaaha illallaah," Nabi menyalahkannya dengan sabdanya,"Engkau bunuh dia, setelah dia mengucapkan Laa ilaaha illallaah." Usamah lalu berkata, "Dia mengucapkan Laa ilaaha illallaah karena takut mati." Kemudian Rasulullah saw. bersabda, "Apakah kamu mengetahui isi hatinya?"
Dalam “Musnad Al-Imam Ahmad” diterangkan, ketika kaum Tsaqif masuk Islam, mereka mengajukan satu syarat kepada Rasulullah, yaitu supaya dibebaskan dari kewajiban bersedekah dan jihad. Lalu Nabi saw. bersabda,"Mereka akan melakukan (mengerjakan) sedekah dan jihad."

Syahadat Adalah Syarat Bisa Masuk Surga
Barangsiapa yang meninggal dalam  keadaan bertauhid, yaitu sebelum mengembuskan  napasnya yang terakhir dia berikrar dan mengucapkan dua kalimat Syahadat, maka dia berhak berada di sisi Allah dan masuksurga-Nya. Orang  tersebut sudah dapat dipastikan oleh Allah akan masuk surga, walaupun masuknya terakhir (tidak bersama-sama orang yang masuk pertama), karena dia diazab terlebih dahulu di neraka disebabkan kemaksiatan dan dosa-dosanya yang dikerjakan, yang belum bertobat dan tidak diampuni. Tetapi dia juga tidak kekal di neraka, karena di dalam hatinya masih ada sebutir iman. Adapun dalil-dalilnya sebagaimana diterangkan dalam hadis Shahih Bukhari dan Shahih  Muslim, sebagai berikut:

Dari Abu Dzar r.a. yang menceritakan bahwa Rasulullah saw. bersabda,"Barangsiapa mengucapkan, 'Laa ilaaha  illallaah,' kemudian meninggal, maka pastimasuk surga." 

Dari Anas r.a., bahwa Nabi saw. telah bersabda, "Akan keluar dari neraka bagi orang yang mengucapkan, 'Laa ilaaha illallaah,' walaupun hanya sebesar satu butir iman di hatinya."
Dari Abu Dzar, sesungguhnya Nabi saw. telah bersabda, "Telah datang kepadaku malaikat Jibril dan memberi kabar gembira kepadaku, bahwa barangsiapa yang meninggal di antara umatmu dalam keadaan tanpa mempersekutukan Allah, maka pasti akan masuk surga, walaupun dia berbuat  zina dan mencuri." Nabi saw. mengulangi sampai dua kali. 

Banyak hadis yang menunjukkan bahwa kalimat Syahadat memberi hak untuk masuk surga dan terlindung dari neraka bagi yang mengucapkannya (mengucap Laa  ilaaha  illallaah).  Maksudnya ialah, meskipun dia banyak berbuat dosa, dia tetap masuk surga, walaupun terakhir. Sedangkan yang dimaksud terlindung dari neraka ialah tidak selama-lamanya di dalam neraka, tetapi diazab terlebih dahulu karena perbuatan maksiatnya.

Pencatatan Administrasi Pindah Agama

Jika keputusan masuk Islamnya hendak dicatatkan secara resm administrasi negara, hendklah muallaf datang ke KUA (Kantor Urusan Agama) terdekat,
mengucapkan kalimat syahadat sebagai syarat masuk islam dengan membawa / mengisi  beberapa dokumen sebagai berikut:

1. Surat Pernyataan masuk Islam bermaterai
2. Fotocopy KTP dan KK sebanyak 3 lembar
3. Phas photo ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar
4. Saksi beragama islam 2 orang

Nanti semua keperluan dan jawaban akan diuus, Akan ada prosesinya seperti akad nikah, setelah itu si muallaf akan  memperoleh identitas baru dan dapat piagam.
Proses/prosedur pencatatan ini tidak memakan waktu lama, secara teori hanya sekitar 30 menit-an, meliputi:
1. Mendaftar                                 ( 2 menit )
2. Verivikasi berkas                       ( 3 menit )
3. Ikrar masuk Islam                     ( 15 menit)
4. Pengetikan piagam                    ( 5 menit )
Semoga bermanfaat.

                      ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ                         

“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”


Comments

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Niat Mandi Wajib dan Tata Cara Mandi Wajib

puisi cinta , kumpulan puisi cinta romantis islami , puisi religi tentang cinta romantis

Dalil-Dalil Tentang Ikhtiar